Selamat datang di situs resmi Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta
14-04-2021

Penyuluhan Hukum Triwulan II (dua) Tahun 2021



Jaksa Masuk Sekolah atau lebih dikenal JMS merupakan program tahunan Kejaksaan Republik Indonesia dan jajaran Korps Adhyaksa di seluruh Indonesia dalam memberikan pemahaman hukum bagi generasi muda bangsa. Bekerjasama dengan Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Barat, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta kembali melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum Jaksa Masuk Sekolah Triwulan II (dua) pada bulan April Tahun 2021 bertempat di :
  1. SMP Negeri 248 Jakarta, Tanggal 5 April 2021;
  2. SMA Negeri 2 Jakarta, Tanggal 6 April 2021;
  3. SMA Negeri 19 Jakarta, Tanggal 7 April 2021;
  4. SMK Negeri 53 Jakarta, Tanggal 8 April 2021;
  5. SMK Negeri 73 Jakarta, Tanggal 9 April 2021.

Kegiatan tersebut tersebut tetap dilaksanakan meskipun ditengah pandemi Covid-19 melalui sarana Zoom Meeting dengan 2 (dua) narasumber yaitu Ashari Syam, SH., MH (Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta) dan  Riris N Simanjuntak, SH., MH (Jaksa Fungsional pada Asisten Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta). Tema yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah “Membangun Karakter Pemuda - Pemudi Taat Hukum”.
 
Ketaatan Masyarakat terhadap hukum merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan. Ketaatan tersebut dapat dibentuk melalui penindakan, dimana dijatuhkan hukuman bagi siapa saja yang melanggar hukum. Namun penegakan hukum tidak bisa semata-mata bersandar pada penindakan, harus diterapkan pula paradigma baru penegakan hukum yang lebih menekankan pada aspek pencegahan.
 
Amanat tersebut kemudian diimplementasikan dalam bentuk Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum). Program Binmatkum diwujudkan dalam 2 (dua) kegiatan pokok yaitu Penerangan Hukum dan Penyuluhan Hukum.