Selamat datang di situs resmi Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta
30-03-2021

Penerangan Hukum Kejati DKI Jakarta



Selasa 30 Maret 2021, bekerjasama dengan Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Barat, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Penerangan Hukum Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (BINMATKUM) Tahun 2021 kepada Kepala SMPN Se-Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Barat meskipun ditengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.
 
Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 (empat puluh) peserta / Kepala SMPN Se-Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Barat dengan narasumber Ashari Syam, SH., MH, selaku Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Riris N Simanjuntak, SH., MH selaku Jaksa Fungsional pada Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, dengan tema yang disampaikan adalah Memahami Perbuatan Korupsi “Pahami dan Hindari”.
 
Ketaatan Masyarakat terhadap hukum merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan. Ketaatan tersebut dapat dibentuk melalui penindakan, dimana dijatuhkan hukuman bagi siapa saja yang melanggar hukum. Namun penegakan hukum tidak bisa semata-mata bersandar pada penindakan, harus diterapkan pula paradigma baru penegakan hukum yang lebih menekankan pada aspek pencegahan. Amanat tersebut kemudian diimplementasikan dalam bentuk Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (BINMATKUM). Program Binmatkum diwujudkan dalam 2 (dua) kegiatan pokok yaitu:
  1. Penerangan Hukum;
  2. Penyuluhan Hukum.
                  Interaksi langsung saat memberikan penerangan maupun penyuluhan hukum diharapkan dapat mendekatkan Kejaksaan R.I dengan masyarakat. Kedekatan yang terjalin diharapkan membuat edukasi dan nilai nilai ketaatan hukum yang disampaikan personel Kejaksaan bisa lebih mudah diterima serta dapat diamalkan dalam kesehariannya dimasyarakat.