Selamat datang di situs resmi Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta
24-01-2020

Penyuluhan Hukum Jaksa Masuk Sekolah Tahun 2020



Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta kembali melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum Jaksa Masuk Sekolah di Tahun 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di SMK Negeri 27 Jakarta pada hari Kamis, tanggal 23 Januari 2020 diikuti oleh Ketua / Pengurus OSIS SMA dan SMK Wilayah Jakarta Pusat. Kegiatan serupa sebelumnya juga telah dilaksanakan di SMA Negeri 92 Jakarta pada hari Selasa, tanggal 14 Januari 2020, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua / Pengurus OSIS SMA dan SMK Wilayah Jakarta utara, Kepala Dinas, Kepala Sekolah serta guru pendamping dari masing-masing sekolah.
Jaksa Masuk Sekolah merupakan kegiatan Penyuluhan Hukum terhadap anak-anak usia sekolah mulai dari bangku SD hingga SMA. Tujuannya untuk menanamkan pemahaman tentang hukum sejak dini sehingga tercipta generasi sadar hukum. Setelah diberikan edukasi melalui Jaksa Masuk Sekolah, genersi muda diharapkan memiliki pemahaman, kesadaran dalam melaksanakan hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga Negara yang taat hukum.
Tiga narasumber dalam kegiatan tersebut adalah M. Nirwan Nawawi, SH., MH (Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta), Dra. Soimah, SH., MH (Koordinator pada Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta) serta Lilik Setyawan, SH., MH (Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Produksi Intelijen). Tema yang disampaikan adalah Pencegahan Terjadinya Tindak Pidana Pada Anak di DKI Jakarta seperti UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Persekusi, Hoak, Bullying, terkait Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) serta Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).